7 Pemain Yang Bisa Pindah Negara Demi Piala Dunia 2018

Pemain sayap kelahiran Jamaika Leon Bailey menimbulkan kehebohan belum lama ini setelah melontarkan pernyataan bahwa ia bisa membela Inggris di level internasional.

Pernyataan Bailey tersebut mencuat hanya beberapa bulan sebelum Piala Dunia 2018 bergulir dan tidak ada pemain sejak Owen Hargreaves yang bermain untuk The Three Lions tanpa pernah tinggal di negara ini sebelumnya.

Tapi Bailey hanyalah salah satu pemain yang berpotensi pindah negara demi Piala Dunia. Berikut ini enam pemain lainnya yang bisa pergi ke Piala Dunia dengan membela negara baru seperti dilansir FTB90

Tammy Abraham - Nigeria
Tammy Abraham bermain dalam dua pertandingan persahabatan untuk Inggris menjelang akhir 2017. Namun dia masih bisa membela Nigeria jika seperti Wilfried Zaha yang mewakili Pantai Gading setelah bermain untuk Inggris.

Abraham kesulitan mencetak gol untuk Swansea City musim ini sehingga ia sepertinya tidak akan dipanggil untuk membela Inggris pada musim panas, terlebih kompetisi di lini depan The Three Lions cukup ketat.

Dia menyatakan saat dia terpilih untuk skuat senior Inggris kalau The Three Lions adalah pilihan utamanya, tapi Nigeria masih punya waktu untuk membujuknya.

Aymeric Laporte - Spanyol
Meskipun kelahiran Prancis dan mewakili Prancis di level U-17, U-18, U-19 dan U-21, Aymeric Laporte masih bisa beralih ke Spanyol jika dia mau.

Bek tengah baru Manchester City ini tinggal di Spanyol selama delapan tahun antara 2010 dan 2018 selama waktunya bersama Athletic Bilbao dan memenuhi syarat untuk membela negara tersebut di level internasional.

Isu ini sempat muncul pada musim panas 2016 sebelum akhirnya Laporte mendapat panggilan masuk skuat Prancis. Tapi hampir dua tahun berlalu dan Laporte masih belum bermain untuk tanah kelahirannya maupun Spanyol.

Willian Jose - Spanyol
Penyerang Real Sociedad Willian Jose lahir di Porto Calvo, Brasil, namun dia sudah bermain sepak bola di Spanyol sejak tahun 2014 dan secara terbuka menyatakan harapannya pada akhir tahun lalu untuk bisa mendapatkan paspor Spanyol sehingga bisa membuatnya membela La Roja.

"Brasil selalu memanggil pemain yang sama," kata Jose. "Di sini, di Spanyol, saya pikir akan lebih mudah terpilih daripada Brasil karena Anda mendapat banyak kesempatan."

Pemain berusia 26 tahun itu sudah mencetak satu gol setiap dua pertandingan di La Liga musim ini.

Allan - Portugal
Gelandang Napoli Allan tidak pernah membela Brasil lagi sejak bermain untuk tim U-20 pada tahun 2011, namun dia juga punya kewarganegaraan Portugal dan berhak mewakili juara Eropa tersebut.

Pemain berusia 27 tahun, yang punya kesempatan besar untuk menjadi juara Serie A musim ini, sudah melihat rekan setimnya kelahiran Brasil Jorginho beralih ke Italia pada 2013, yang tidak akan ke Rusia setelah gagal lolos.

Dengan Brasil menjadi favorit untuk mengangkat trofi di Rusia dan persaingannya di tim sangat ketat, Allan mungkin punya kesempatan yang lebih besar untuk masuk ke skuat Portugal.

Brahim Diaz - Maroko
Pemain depan kelahiran Spanyol Brahim Diaz mulai melakukan terobosan di Manchester City musim ini setelah sebelumnya membuat debut tim utama pada akhir 2016.

Banyak hal besar diharapkan dari pemain berusia 18 tahun, yang sudah membela Spanyol di berbagai level junior sampai saat ini. Namun debut internasional seniornya bisa terjadi lebih cepat jika ia memilih untuk mewakili Maroko, negara kelahiran ayahnya.

Negara Afrika Utara itu akan menjalani Piala Dunia pertama mereka sejak 1998, dan dengan masuknya bek Real Madrid berusia 19 tahun Achraf Hakimi, Atlas Lions sudah punya satu pemain kelahiran Spanyol di skuat mereka jelang Piala Dunia Rusia 2018.

Mariano - Spanyol
Produk akademi Real Madrid dan pencetak gol produktif untuk tim C dan B mereka, pemain  kelahiran Spanyol Mariano mengambil kesempatan untuk melakukan debut internasionalnya pada tahun 2014 saat Republik Dominika datang memanggil.

Mariano membela Republik Dominika melalui ibunya dan hanya bermain satu pertandingan melawan Haiti pada 2013, bahkan mencetak gol. Tapi dia langsung keluar dari tim untuk fokus pada karir klubnya.

Lima tahun berlalu dan Mariano yang berusia 24 tahun sekarang mencetak gol secara teratur Lyon di Prancis. Penampilannya itu mungkin bisa membuatnya masuk radar untuk skuat Spanyol pada musim panas ini setelah pelatih La Roja Julen Lopetegui mengetahui bahwa Mariano bisa masuk skuat tahun lalu.

Leon Bailey - Inggris
Kabar bahwa pemain sayap Bayer Leverkusen Leon Bailey mungkin bisa bermain untuk Inggris pertama kali muncul pada bulan Januari tahun ini ketika situs resmi Bundesliga menerbitkan sebuah artikel yang mengutip seorang sumber yang dekat dengan pemain Jamaika tersebut yang mengklaim bahwa dia memiliki 'keturunan Inggris'.

Laporan ekskulif dari Daily Mirror mengklaim bahwa Bailey memiliki kakek- nenek kelahiran Inggris sehingga memenuhi syarat membela The Three Lions dan FA menyadari hal itu.

Bailey sendiri masih tetap samar tentang masa depan internasionalnya, setelah sebelumnya hanya bermain satu pertandingan untuk Jamaika di level U-23.

Beberapa mempertanyakan validitas klaim tersebut dan tetap melihat apa yang akan terjadi, namun ayah Bailey sepertinya menegaskan kemungkinannya ketika dia memberi tahu The Sun kalau mereka sudah berhubungan dengan FA dan memberikan Jamaika ultimatum untuk merespon.


Sumber; Bola.net