Inilah Tradisi Barcelona Yang Terancam Hilang Karena Tangan Dingin Vlaverde

Inilah Tradisi Barcelona Yang Terancam Hilang Karena Tangan Dingin VlaverdeInilah Tradisi Barcelona Yang Terancam Hilang Karena Tangan Dingin Vlaverde - Kabar datang dari sala hsatu raksasa persepakbolaan Spanyol, Barceona. Sang juru racik dari tim Catalan, Ernesto Valverde, tampaknya belum memberi kepercayaan dan masih belum menaruh harapannya pada para pemain lulusan dari akademi sendiri di tim utama. Hal itu terbukti bahwa hanya ada enam pemain di Barca saat ini yang merupakan jebolan La Masia.

Pada beberapa musim terakhir, terhitung terdapat 17 pemain di dalam skuat utama Barca yang merupakan produk akademi Barca sendiri. Pelatih-pelatih seperti Josep Guardiola, Tito Vilanova dan Luis Enrique pun cukup memberikan perhatian pada pemain muda lulusan dari salah satu akademi sepakbola terbaik didunia tersebut.

Akan tetapi sekarang ini sedikit berbeda, El Barca di bawah kendali tangan dingin Valverde berbeda. Dalam skuatnya, terhitung hanya ada enam pemain yang merupakan produk akademi sendiri yakni Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergi Roberto, Sergio Busquets dan Jordi Alba.

Jika pembibitan pemain tak kembali digalakkan, maka Barca terancam kehilangan tradisinya yang kerap melahirkan pemain bintang. Pasalnya, para pemain produk sendiri yang tersebut di atas sudah memasuki masa-masa tidak produktif.

Kurangnya perhatian dari pelatih tim utama Barca ini membuat para pemain muda memilih hengkang dari Camp Nou. Pada bulan Januari kemarin saja, ada tiga pemain asli Barca yang hengkang. Dia adalah Sergio Gomez, Gerard Deulofeu dan Rafinha. Sebelum itu lulusan La Masia yang cukup populer lalu meninggalkan Barca di antaranya adalah Munir El-Hadadi, Martin Montoya, Marc Bartra, dan Christian Tello.

Alih-alih memberikan kepercayaan pada pemain muda bentukan sendiri, pelatih Barca saat ini sepertinya lebih suka belanja pemain. Sejak menangani Barca, mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut telah membeli sejumlah pemain termasuk Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, Paulinho, Nelson Semedo, dan Yerry Mina. Untuk mendatangkan semua pemain tersebut setidaknya membutuhkan dana tak kurang dari 300 juta euro.

Memang Barcelona saat ini kokoh di puncak klasemen La Liga untuk sementara. Namun jika Barca sudah melupakan tradisinya mencetak generasi emas dari akademi sendiri, usia kejayaan klub asal Catalan ini cenderung tak akan lama.

Sumber:bola.net