Ronaldo Egois? Ini 5 Momen Ronaldo Beri Penalti Kepada Rekan Setimnya


Cristiano Ronaldo punya kesempatan untuk mencetak gol melalui eksekusi penalti saat berhadapan Deportivo Alaves, Sabtu (24/2). Namun, bintang Portugal itu memilih memberikan kesempatan tersebut kepada Karim Benzema.

Madrid mendapat hadiah penalti setelah bek Alaves, Victor Laguardia menjatuhkan Gareth Bale di dalam kotak penalti. Dalam situasi ini, biasanya Ronaldo akan maju sebagai eksekutor Los Blancos. Terlebih ia punya kesempatan mencetak hattrick pada laga tersebut.

Namun alih-alih mengambil penalti tersebut, Ronaldo malah memberikan penalti itu kepada rekan setimnya, Karim Benzema yang kemudian diselesaikan dengan sempurna oleh striker Prancis tersebut.

Namun, ini bukan pertama kalinya Ronaldo memberikan penalti kepada rekan setimnya ketimbang mengambil untuk dirinya sendiri karena ada beberapa contoh sebelumnya. Berikut ini adalah lima contoh di antaranya seperti dilansir Sportskeeda.


Ke Kaka vs Villarreal (2009/10)
Pada musim panas 2009, Real Madrid mendatangkan sejumlah pemain bintang. Perombakan musim panas tahun 2009 melihat beberapa nama bintang yang ditandatangani untuk Los Blancos. Selain Cristiano Ronaldo, pemain seperti Karim Benzema, Xabi Alonso dan bahkan Kaka juga menuju Santiago Bernabeu. Tapi pemain Portugal itu membentuk duet yang menakutkan dengan pemain Brasil tersebut.

Dalam pertandingan melawan Villarreal di kandang, Gonzalo Higuain mendapat penalti setelah dilanggar di dalam kotak terlarang. Ronaldo, yang mencetak gol pembuka tiga menit sebelumnya, memilih memberi kesempatan kepada Kaka untuk mencetak gol, dan mantan pemain AC Milan itu tidak membuat kesalahan.


Ke Alonso vs Villarreal (2009/10)
Dalam pertandingan yang sama, Real Madrid mendapat penalti kedua tiga menit sebelum pertandingan usai saat kedudukan 5-2. Kaka dan Higuain masing-masing sudah mencetak brace dan Ronaldo mencetak gol pembuka.

Meski sempat terjadi perdebatan dengan Alonso, Ronaldo akhirnya memberikan penalti kepada rekan setimnya tersebut. Gelandang Spanyol itu pun akhirnya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan menutup pertandingan dengan skor 6-2.

Dalam satu pertandingan, Ronaldo memberikan dua penalti kepada rekan setimnya. Padahal saat itu ia punya kesempatan besar untuk mencetak hattrick pertamanya untuk Real Madrid.

Ke Ramos vs Athletic Bilbao (2010/11)
Sergio Ramos bisa dibilang sebagai bek yang cukup produktif mencetak gol. Bahkan pemain asal Spanyol itu sudah mencetak 88 gol yang membuatnya sebagai salah satu bek tersubur.

Rekor mencetak gol Ramos dari titik putih memang kurang bagus. Namun, dalam pertandingan melawan Athletic Bilbao pada 2010, tak membuat kesalahan dan keputusan Ronaldo untuk memberikan penalti membuahkan hasil.

Angel di Maria dilanggar di dalam area penalti oleh pemain Bilbao sehingga Madrid mendapatkan hadiah penalti. Ronaldo dan Gonzalo Higuain sudah mencetak gol, tapi bukannya menggandakan koleksi gol mereka, Ramos maju untuk mengambil tendangan penalti dan menyarangkan bola ke pojok atas gawang Bilbao.

Madrid kemudian mendapatkan penalti lainnya tapi kali ini Ronaldo memilih untuk mengambilnya sendiri untuk melengkapi hattricknya.


Ke Benzema vs Real Murcia (2010/11)
Kali ini terjadi dalam pertandingan Copa Del Rey melawan tim gurem Real Murcia. Setelah bermain imbang tanpa gol di leg pertama, Real Madrid berhasil unggul 3-0 saat pertandingan menyisakan seperempat jam lagi.

Pedro Munino mampu memperkecil kedudukan dari titik putih di menit ke-82, tapi tiga menit kemudian, giliran Real Madrid yang mendapat penalti.

Ronaldo, yang mencetak gol pertamanya di Copa Del Rey pada pertandingan ini, rela menyerahkan kesempatan untuk mencetak gol dari penalti kepada Karim Benzema, dan pemain Prancis itu dengan sempurna mengirim bola ke pojok gawang.

Pada saat itu, Benzema juga kesulitan mencetak gol sehingga Ronaldo dan Higuain memikul tugas untuk mencetak gol. Tapi penalti ini bisa membuka kran gol Benzema karena ia kemudian mencetak 21 gol dalam 35 pertandingan di semua ajang kompetisi.


Ke Kaka vs Marseille (2009/10)
Ronaldo dan Kaka memang punya hubungan yang spesial pada musim 2009/10. Kedua pemain ini tampil hebat dan mampu menghancurkan pertahanan lawan.

Dalam pertandingan kedua mereka di Liga Champions bersama Real Madrid, tim asuhan Jose Mourinho mendapat penalti setelah Ronaldo mencetak gol pembuka.

Alih-alih mencetak brace, pemain Portugal itu memilih mundur dan membiarkan Kaka mengeksekusi penalti dan pemain Brasil tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mencatatkan namanya di papan skor. Ronaldo akhirnya bisa mencetak gol keduanya  beberapa menit kemudian.


Sumber: Bola.net