Selain Messi, Ini 7 Pemain dengan Dribel Terbaik di Dunia

Lionel Messi merupakan satu di antara pesepak bola terbaik dunia sepanjang masa. Kemampuan olah bolanya selalu berhasil membuat publik berdecak kagum dan terperangah.

Barcelona mempromosikan Messi ke skuat senior pada Juli 2005. Sejak saat itu, La Pulga berhasil mendulang 535 gol dan 244 assist dari 621 pertandingan di berbagai ajang.

Teknik menggiring bola menjadi satu dari sekian faktor yang membuat Messi begitu produktif. Kualitas dribel mumpuni membuatnya sanggup membuat pemain lawan kerepotan.

Efektivitas Messi dalam menggiring bola kian tak terbantahkan jika menilik statistik. Dia mencatatkan rataan 5,3 dribel sukses per pertandingan di La Liga sepanjang musim 2017-2018.

Tidak ada satupun pemain di La Liga yang bisa menyamai torehan Messi tersebut. Bahkan, sang rival Cristiano Ronaldo hanya bisa mencatatkan rataan 1,2 kali dribel sukses di La Liga musim ini.

Selain Lionel Messi, setidaknya ada tujuh pesepak bola lain yang juga memiliki kualitas teknik menggiring bola di atas rata-rata. Berikut ini adalah uraiannya:

Mateo Kovacic


Banyak pihak menganggap sebelah mata Mateo Kovacic karena hanya berstatus pemain pelapis di Real Madrid. Namun, sang pemain sejatinya adalah paket yang hampir lengkap dari gelandang sepak bola pada era modern.

Kovacic tidak hanya piawai dalam mendistribusikan atau menunda laju bola. Eks pemain Inter Milan itu juga bisa mencatatkan 2,2 dribel sukses dalam setiap pertandingannya di La Liga musim lalu.

Christian Pulisic


Borussia Dortmund beruntung memiliki Christian Pulisic. Dia dianggap sebagai satu di antara pemain yang paling berprospek karena memiliki kualitas teknik olah bola yang memanjakan mata.

Kecepatan dalam menggiring bola membuat Pulisic diperbincangkan banyak pihak. Kemampuan melewati adangan lawan membuatnya bisa mencatatkan rataan 3,1 dribel sukses per pertandingan musim ini.

Alexis Sanchez


Kualitas Alexis Sanchez di atas lapangan sudah tidak perlu diragukan. Barcelona, Arsenal, dan kini Manchester United, merupakan tiga klub yang pernah merasakan jasa penyerang sayap Chile tersebut.

Tidak hanya produktif, Sanchez juga ahli dalam mengelabui lawan-lawannya. Rataan 5,7 dribel per pertandingan mampu dibuat pemain yang mengawali karier di benua Biru bersama Udinese ini.

Naby Keita


Jarang ada gelandang bertahan yang memiliki kemampuan menggiring bola di atas rata-rata dan Kovavic adalah satu di antaranya. Selain gelandang asal Kroasia itu, Naby Keita dianggap sebagai yang terbaik karena bisa melakukan "segalanya".

Kekuatan, kecepatan, hingga stamina, merupakan berbagai atribut yang dimiliki Keita. Meski harus membantu tim bertahan, dia tetap piawai melancarkan serangan ke area lawannya. Sang pemain lantas bisa menorehkan rataan 4,8 dribel sukses dalam setiap pertandingan.

Ousmane Dembele


Ousmane Dembele masih kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona. Namun, situasi itu tidak membuatnya sebagai pesepak bola yang dipandang sebelah mata.

Skill individu Dembele menjadi alasan manajemen Barcelona rela mengucurkan dana 105 juta euro (Rp 1,75 triliun). Ketika masih membela Borussia Dortmund musim lalu, sang pemain bisa mencatatkan tiga kali rataan dribel sukses sepanjang laga.

Eden Hazard


Eden Hazard mampu mendulang 15 gol dalam berbagai kompetisi di Chelsea musim ini. Performa impresif menjadikan sang pemain memiliki kans memenangi gelar Ballon d'Or pada masa mendatang.

Cara apik menggiring bola menjadi sebab keran gol Hazard terus mengalir. Total 4,9 dribel sukses mampu ditorehkan penyerang Belgia itu sepanjang musim ini.

Neymar


Banyak para pesepak bola kelas dunia seakan terlihat bodoh ketika berhadapan satu lawan satu dengan Neymar. Dia selalu bisa melewati adangan lawan-lawannya dengan teknik dribel yang membuat publik tercengang.

Bersama Paris Saint-Germain, Neymar lantas bisa mendulang 28 gol di berbagai kompetisi. Rataan 7,3 dribel sukses pun diukir Neymar dalam setiap pertandingannya. Statistik tersebut merupakan yang tertinggi dari seluruh pesepak bola di liga-liga Eropa saat ini.

Sumber : bola.com