Tendang Pemain, Wasit Asal Prancis Ini Diganjar Hukuman Berat

Komite Disiplin Ligue 1 Prancis menjatuhkan sanksi berupa larangan enam bulan terlibat dalam semua pertandingan untuk wasit, Tony Chapton.

Dilansir BBC Sport, wasit asal Prancis berusia 45 tahun itu dihukum lantaran menendang pemain Nantes, Diego Carlos saat memimpin laga Nantes kontra Paris Saint-Germain untuk kemenangan PSG bulan lalu.

Insiden bermula, saat Chapron dan Carlos terlibat tabrakan di lapangan. Chapron yang terjatuh sepertinya merasa sengaja didorong oleh si pemain, sehingga bangkit untuk kemudian melayangkan tendangan ke arah kaki pemain Brazil itu.

Meski jelas tindakannya itu tertangkap kamera, namun justru Carlos lah yang diusir ke luar lapangan setelah diganjar kartu kuning kedua dalam pertandingan tersebut.

Atas insiden itu, pihak komite disiplin Liga Prancis pun kemudian menginvestigasi dan hasilnya memutuskan si wasit diganjar sanksi larangan memimpin pertandingan disemua kompetisi selama enam bulan sejak vonis dijatuhkan.

Ironisnya, Tony Chapron merupakan profil wasit prestatif yang telah terlibat di banyak pertandingan krusial, baik di kontes domestik maupun kancah Eropa.

Chapron yang telah menjadi wasit papan atas di Prancis sejak 2004 silam telah memimpin di 400 lebih pertandingan termasuk di final Piala Prancis 2014.

Sebelumnya, Chapron sendiri telah mengungkapkan alasan dibalik tindakannya tersebut. “Ketika saya bertabrakan dengan Diego Carlos, saya merasakan sakit di daerah cedera saya baru-baru ini,” katanya seperti dilansir Get French Football beberapa waktu lalu.


“Dengan gerakan refleks, saya langsung menaruh kaki saya ke sang pemain. Itu adalah gesture yang tak pantas,” imbuhnya. 

Sumber: Pojoksatu.id