Bukti Bahwa Messi Berhasil Membawa Barcelona Menjadi Tak Terkalahkan


Raksasa Catalunya ini sekarang mencatat 27 pertandingan tanpa kekalahan dan kian dekat dekat menuju gelar Liga berkat gol fantastis La Pulga.

Berkaca pada tren positif Barcelona musim ini, bukan hal mustahil tim Ernesto Valverde menyabet gelar La Liga di akhir musim. Lihat saja performa terkini the Catalans akhir pekan kemarin melawan Atletico Madrid, ketika Lionel Messi kembali menjadi pembeda.

La Pulga mencetak gol dari tendangan bebas di menit ke-26, dan ini menjadi yang ketiga beruntun sekaligus mengacaukan rencana pertahanan terbaik sekali pun yang diterapkan entrenador Diego Simeone. Sampai saat ini, sepertinya memang tidak ada cara menghentikan kepiawaian pilar timnas Argentina tersebut – atau Blaugrana sekali pun.

Tendangan bebas La Pulga adalah seni keindahan sepakbola. Pemain yang sudah lima kali menyabet Ballon d’Or ini melepaskan tembakan melengkung melewati atas pagar betis dan bersarang di pojok gawang Jan Oblak. Kiper asal Slovenia tersebut terdiam, tanpa bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya.

Hadiah tendangan bebas tersebut memang berada di posisi menguntungkan, namun belakangan eksekusi bola matinya memang tak bisa diprediksi. Melawan Girona misalnya, ketika sepakan kerasnya meluncur melewati bagian bawah pagar betis sebelum bersarang di bagian pojok kanan bawah. Lalu di Las Palmas, sepakan Si Kutu bersarang tepat di sudut kanan atas gawang lawan.


Gol di Camp Nou weekend kemarin adalah yang ke-600 yang sudah ditorehkan sepanjang karier luar biasa Messi. Tak cuma itu, gol itu juga sangat krusial untuk peta persaingan gelar La Liga.

Atletico datang ke markas Barca dengan hanya selisih lima poin di belakang Messi dkk dan kemenangan bisa memberikan kesempatan nyata buat Los Rojiblancos mengklaim titel.

Namun, Blaugrana mendominasi permainan dan menciptakan banyak peluang berbahaya dengan Messi tampil trengginas di depan gawang sementara Philippe Coutinho bermain efektif di lini tengah.

Pasukan Diego Simeone sebenarnya menyamakan kedudukan di pengujung laga ketika Kevin Gameiro menjebol gawang Marc-Andre ter Stegen dari jarak dekat, namun gol tersebut dianulir lantaran Diego Costa berada di posisi offside ketika memberi umpan kepada pemain Prancis tersebut.

Berkat kemenangan Minggu kemarin, Blaugrana berarti mengantungi 21 kemenangan dan enam kali seri sepanjang musim ini di La Liga. Artinya, tim Ernesto Valverde belum pernah kalah di kompetisi domestik.

Dengan keunggulan delapan poin di pucuk dan sisa 11 pertandingan, Blaugrana mengendalikan pacuan gelar. Melihat sepak terjang Barca musim ini, bukan hal mustahil mereka mengakhiri kampanye dengan rekor tak terkalahkan selama 38 pertandingan.

Tim Valverde masih harus bertandang ke Malaga, Sevilla, Celta, Deportivo La Coruna dan Levante, sementara laga kandang melawan Athletic Bilbao, Leganes, Valencia, Villarreal, Real Madrid and Real Sociedad.

Bukan jadwal mudah memang, tapi beberapa hadangan tersulit pun berhasil mereka lalui dan dengan janya kebobolan 13 kali di liga, plus magis Messi di lapangan, Barca berpotensi melewati pencapaian Arsenal musim 2003-04 yang tak terkalahkan kala itu.

Apakah akan tercipta invincibles baru? Bisa jadi. Yang jelas Messi dan Barca terus mengukir tinta emas.

Sumber : Goal