Luar Biasa! Pergerakan Monopoli Lionel Messi di Liga Champions Ini Bikin Melongo



Dalam daftar pencetak gol terbanyak, dia sementara berada di urutan terdepan. Dalam daftar perancang assist terbanyak, dia juga menempati peringkat teratas.

Dia memonopoli dua statistik penting itu dengan angka yang sama-sama berupa dua digit.

Lionel Messi, 30, tak terhadang. Dialah salah satu alasan kenapa Barcelona bisa duduk dengan nyaman di pucuk klasemen liga tertinggi Espana.

Barcelona menghadapi sang rival sekota Espanyol di RCDE Stadium pada jornada 22. Pasukan Ernesto Valverde nyaris dipaksa menelan kekalahan pertama di La Liga 2017/18.

Hingga menit 81, Barcelona masih tertinggal 0-1 oleh gol yang dicetak Gerard Moreno pada menit 66. Pada menit 82, Barcelona mendapatkan hadiah tendangan bebas di sektor kiri serangan mereka. Lionel Messi, yang baru turun di menit 59, mengambil set piece tersebut dan mengirim crossing matang ke jantung pertahanan tuan rumah.

Gerard Pique melompat, menanduk bola untuk menaklukkan Diego Lopez di bawah mistar, dan menyamakan skor delapan menit jelang habis waktu normal. Laga berkesudahan imbang 1-1 dan Barcelona sukses mengamankan satu angka.

Pique menjadi penyelamat dengan gol keenam kontra Espanyol, lawan favoritnya dengan seragam Barcelona di semua ajang. Messi juga berjasa dengan assist-nya.

Itu adalah assist ke-10 Messi dalam 21 penampilan untuk Barcelona di La Liga 2017/18. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan pemain-pemain lainnya. Selain sepuluh assist, Messi pun telah mengemas 20 gol di La Liga musim ini. Jumlah tersebut juga mengungguli pemain-pemain lain.

Messi adalah pemain pertama di La Liga musim ini yang gol sekaligus assist-nya mencapai dua digit.

Messi memimpin daftar top scorer sementara dengan torehan 20 golnya. Itu sekitar 33% dari 60 gol yang sudah dicetak Barcelona.

Satu pemain yang paling dekat dengannya adalah sang partner Luis Suarez, yang telah mencetak 16 gol untuk Barcelona. Di bawah mereka berdua, ada Iago Aspas dari Celta Vigo dengan 15 golnya.

Tak ada pemain dari juara bertahan Real Madrid di 10 besar. Top scorer Madrid, Cristiano Ronaldo, baru mencetak delapan gol dalam 17 penampilan.

Gol terbanyak La Liga 2017/18 per jornada 22:

20 - Lionel Messi (Barcelona)
16 - Luis Suarez (Barcelona)
15 - Iago Aspas (Celta Vigo)
12 - Cristhian Stuani (Girona)
11 - Willian Jose (Real Sociedad)
10 - Maxi Gomez (Celta Vigo)
10 - Simone Zaza (Valencia)
9 - Cedric Bakambu (Villarreal)
9 - Gerard Moreno (Espanyol)
9 - Rodrigo Moreno (Valencia).

Assist terbanyak La Liga 2017/18 per jornada 22:

10 - Lionel Messi (Barcelona)
9 - Pione Sisto (Celta Vigo)
7 - Daniel Wass (Celta Vigo)
7 - Jose Angel (Eibar)
7 - Pablo Fornals (Villarreal)
6 - Andres Guardado (Real Betis)
6 - Goncalo Guedes (Valencia)
6 - Jordi Alba (Barcelona)
6 - Sergi Roberto (Barcelona)
5 - Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
5 - Fabian Ruiz (Real Betis)
5 - Munir El Haddadi (Alaves)
5 - Pablo Sarabia (Sevilla)
5 - Xabi Prieto (Real Sociedad).

Barcelona belum terkalahkan musim ini. Hingga jornada 22, Barcelona sudah 18 kali menang dan empat kali seri. Barcelona pun memimpin klasemen dengan keunggulan sembilan poin atas Atletico Madrid di posisi dua. Valencia dan Madrid berada jauh di belakang mereka.

Tidak salah pihak klub menunjuk Valverde sebagai pengganti Luis Enrique di awal musim. Mantan pelatih Valencia dan Athletic Bilbao itu sejauh ini sukses menyulap Barcelona menjadi mesin tempur yang sulit dihentikan.

Unbeaten start mereka sejauh ini bahkan tercatat sebagai yang terpanjang kelima dalam sejarah La Liga.

Selain tangan dingin Valverde, laju kencang Barcelona ini juga tak lepas dari kontribusi besar pemain-pemainnya, terutama Messi.

Musim sebelumnya, ketika Barcelona finis peringkat dua dengan selisih tiga poin di belakang Madrid, Messi hanya mengukir sembilan assist dalam 34 penampilan di La Liga. Musim itu, untuk urusan assist, Messi finis di bawah Luis Suarez (13), Toni Kroos (12), Neymar (11), Marcelo dan Pablo Piatti (masing-masing 10). Namun Messi merengkuh Trofeo Pichichi dengan lesakan 37 gol, unggul atas Suarez (29) dan Ronaldo (25).

Musim ini, setelah Neymar hengkang ke PSG, peran Messi semakin vital. Namun Messi konsisten dengan performanya.

La Liga musim ini masih menyisakan 16 jornada. Masih sangat terbuka peluang bagi Messi untuk menambah pundi-pundi gol maupun assist-nya.

Jika terus konsisten, dan bebas dari cedera, tak mustahil bagi bintang Argentina itu untuk menutup musim sebagai top scorer sekaligus top assist. Tak hanya memonopoli dua sektor itu, dia juga bakal menjadi kunci penting Barcelona untuk finis di posisi tertinggi.

Sumber  : Bola