Revolusi Inggris : Dari Tim yang Putus Asa Jadi Luar Biasa



Penampilan timnas Inggris selama di Piala Dunia 2018 ini di Rusia telah membuat Gary Neville merasa sangat bahagia.

Inggris sulit untuk meraih prestasi di level internasional. Jadi wajar saja apabila di Piala Dunia kali ini mereka tak dipandang sebagai tim calon juara.

Namun yang terjadi, kini Inggris sukses melangkah ke babak semifinal. Mereka sebelumnya lolos dari fase grup sebagai runner-up.

Di babak 16 besar, pasukan Gareth Southgate menghempaskan Kolombia meski harus melalui adu penalti. Kemudian di babak perempat final Inggris tampil solid kala menghadapi Swedia.

Di pertandingan itu, Inggris berhasil menang 2-0. Kemenangan itu pun diraih dengan cukup meyakinkan

Pujian Neville

Kemenangan ini membuat Inggris masuk ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 silam. Nantinya mereka akan ditantang oleh Kroasia.

Prestasi ini membuat Neville bahagia. Ia kemudian menyebut timnas Inggris sekarang punya mentalitas yang beda dibanding era sebelumnya, di mana saat dalam posisi unggul mereka justru memilih bertahan.

"Benar-benar luar biasa, pekerjaan luar biasa. Saya harus mengatakan, selama 25 tahun terakhir menonton Inggris, ketika Inggris menang, kami akan bermain lebih ke dalam dan bertahan, ketika kami kalah, kami putus asa," serunya kepada ITV.

"Tim ini, saya harus mengatakan, dalam setiap penampilan di turnamen ini, bahkan melawan Tunisia di saat skor imbang 1-1 - [punya] kontrol, ketenangan," puji Neville.

Dewasa dan Tenang

Neville lantas menyebut Inggris juga makin dewasa sekarang. Ia mengatakan laga lawan Kolombia merupakan laga paling apik The Three Lions sejauh ini.

"Kolombia, untuk bersikap adil, adalah penampilan sempurna sampai 90 menit, ketika mereka kebobolan gol. Ya, mereka kehilangan sedikit konsentrasinya di perpanjangan waktu, tetapi mereka mendapatkannya [ketenangan dan kendali mereka] kembali dan mereka memegang kendali lagi," serunya.

"Saya tidak bisa bicara lebih tinggi lagi, ini adalah tampilan Inggris yang paling matang dan paling tenang yang pernah saya lihat dalam waktu yang sangat lama. Saya belum melihat tingkat ketenangan ini dari tim kami," tegasnya.

Masih Bisa Lebih Baik Lagi

Neville mungkin akan merasa lebih senang lagi jika menyimak pernyataan dari Southgate. Eks defender The Three Lions ini mengaku anak-anak asuhnya masih bisa tampil lebih baik lagi dari yang sekarang.

"Kami adalah tim yang masih berkembang, kami tahu di mana kami berada dan kami sukses karena semua orang bekerja keras di lapangan," serunya seperti dilansir Sky Sports.

"Kolektifitas merupakan kunci, semua staf pendukung, semua pemain kompak. Untuk melewati dua pertandingan yang kami hadapi minggu ini, kami membutuhkan semua itu karena kami bukan tim yang sempurna."


Sumber : bola