Tanggal dan Momen Penting Kepindahan Ronaldo ke Juve

Real Madrid akhirnya resmi mengumumkan jika mereka tidak akan diperkuat Cristiano Ronaldo lagi untuk musim depan. Selasa (10/7) waktu setempat, Madrid membuat pernyataan jika Ronaldo akan bergabung ke Juventus.

Ronaldo resmi diumumkan sebagai pemain baru Juventus setelah bertemu secara langsung dengan Presiden Juve, Andrea Agnelli di Yunani.

Pemain asal Portugal tersebut mendapatkan kontrak dengan durasi empat tahun yang bernilai 120 juta euro. Juve pun langsung memberikan nomor punggung 7, yang sudah identik dengan Ronaldo, kepada pemain berusia 33 tahun. Nomor yang sebelumnya dipakai oleh Juan Cuadrado.

Pemberitaan bakal bergabungnya Ronaldo ke Juve baru ramai diperbincangkan dalam 10 hari terakhir. Namun, tahapannya sejatinya sudah dimulai sejak bulan Januari yang lalu. Berikut tahapan selengkapnya.  

Pada bulan Januari 2018, Madrid membuat sebuah kesepakatan dengan Ronaldo untuk menurunkan klausul penjualan yang ada dalam kontrak mereka.

Madrid dan Ronaldo sepakat menurunkan klausul penjualan menjadi 100 juta euro, dengan syarat bahwa sang mega bintang tidak pindah ke klub yang menjadi rival Madrid secara langsung. Dalam hal ini adalah ke sesama klub di La Liga.

Ronaldo sejatinya tidak menginginkan hal tersebut. Tapi, dia memilih sepakat dan menilai sikap Madrid tersebut sebagai tanda bahwa klub sudah tidak lagi tertarik untuk memakainya. Apalagi, Madrid juga menolak pengajuan kenaikan gaji yang dia inginkan.

3 April 2018

Lepas bulan Januari atau bursa transfer musim dingin, Ronaldo masih menjadi pemain Real Madrid.

Nah, sebuah momen menarik terjadi pada bulan April 2018. Madrid harus berjumpa Juventus di Liga Champions. Laga leg pertama digelar di markas Juve, Allianz Stadium. Madrid meraih sukses besar dengan menang 3-0.

Ronaldo menjadi bintang dengan mencetak dua gol untuk Madrid. Satu gol akan selalu dia kenang karena dicetak lewat tendangan salto. Gol tersebut pula yang membuat Ronaldo jatuh cinta pada [fans] Juventus.

Sebab, Ronaldo mendapatkan standing ovation dari seisi stadion. Dia pun mengaku sangat terkesan dan membuat pernyataan bahwa dia sejak kecil adalah seorang fans Juventus.

"Itu adalah sebuah momen yang sangat menyentuh yang saya alami pada malam ini. Mendapatkan standing ovation di stadion seperti ini, yang telah jadi saksi banyak pemain hebat, adalah momen yang istimewa," ucap Ronaldo kala itu.

26 Mei 2018

Pertandingan Liga Champions lagi-lagi jadi petunjuk di mana Ronaldo memang akan pindah dari Real Madrid. Kali ini, terjadi setelah laga final melawan Liverpool.

Saat itu, Madrid menang dengan skor 3-1 atas The Reds. Ini adalah gelar ketiga beruntun bagi Madrid. Untuk Ronaldo, ini adalah gelar Liga Champions kelimanya, satu gelar diraih bersama Manchester United.

Namun, sebuah kabar mengagetkan terjadi pada saat pemain Madrid larut dalam pesta perayaan gelar juara. Ronaldo tiba-tiba saja membuat pernyataan jika dirinya sedang mempertimbangkan masa depannya bersama Madrid.

"Selalu menjadi hal yang menyenangkan bisa bermain di Real Madrid. Dalam beberapa hari ke depan, saya akan bicara lebih jauh tentang hal ini," kata Ronaldo usai membawa Madrid merajai Eropa pada musim 2017/18.

Madrid dibuat resah oleh pernyataan Ronaldo tersebut. Para pemain dan jajaran manajerial klub langsung membuat bantahan, termasuk kapten tim Sergio Ramos.

1 - 9 Juli 2018

Kabar kepindahan Ronaldo dari Real Madrid sempat meredup saat Piala Dunia 2018 digelar. Ketika itu, media lebih menyoroti penampilan impresif Ronaldo yang mencetak hattrick ke gawang Spanyol pada laga perdana Portugal di Grup B.

Tapi, begitu Portugal tersingkir, isu kepindahan Ronaldo kembali mencuat. Di mulai pada 1 Juli 2018 lalu, dari pemberitaan yang diturunkan oleh media asal Italia, Tuttosport.

Awalnya, Juve bertemu dengan Jorge Mendes, agen Ronaldo, untuk bicara soal transfer Joao Cancelo. Namun, pembicaraan melebar menyangkut masa depan Ronaldo. Namun, kabar ini sempat dianggap sebagai sebuah lelucon belaka.

Tapi, pada 3 Juli 2018, Marca menulis jika Ronaldo sudah sepakat untuk pindah ke Juve. Pemain berusia 33 tahun menerima kontrak berdurasi empat tahun dengan nilai 120 juta euro.

Sejak saat itu, kabar kepindahan Ronaldo ke Juve makin disikapi serius. Terlebih, ketika Juve disebut sepakat membayar 100 juta euro untuk menebus Ronaldo. Juve mendapatkan beberapa sokongan dari pihak sponsor untuk membayar harga jual Ronaldo.

Juve kemudian melayangkan tawaran resmi pada Madrid pada 9 Juli 2018, dengan harga 100 juta euro, sesuai dengan yang ada pada klausul pelepasannya.

Tuntas Pada 10 Juli 2018

10 Juli 2018 akan tercatat dalam sejarah Juventus. Sebab, mereka resmi membeli Ronaldo dari Real Madrid dengan harga 100 juta euro, pembelian paling mahal dalam sejarah klub.

Pada hari ini, terjadi beberapa momen penting yang terjadi yakni di Madrid dan juga di Yunani.

Di Madrid, ada pertemuan antara Jorge Mendes dan pihak real Madrid. Mendes menemui Madrid untuk memastikan semua proses transfer berjalan sesuai dengan yang sudah dia rencanakan.

Sementara itu, di Yunani terjadi pertemuan antara Ronaldo dengan Presiden Juventus, Andrea Agnelli. Sang bos terbang ke Yunani memakai jet pribadi dari bandara Pisa. Ia menemui Ronaldo yang sedang menjalani liburan bersama kekasih dan keluarganya.

Dan, akhirnya Ronaldo resmi jadi pemain Juventus setelah Madrid membuat pernyataan resmi:

"Real madrid mengkomunikasikan bahwa berdasarkan keinginan dan permintaan Cristiano Ronaldo, yang bersangkutan sudah menyepakati transfer ke Juventus," tulis Real Madrid di situs resmi klub.


SUmber: Bola.net